7 Cara Menjaga Kebersihan dan Keharuman Boneka Kesayangan

0 Comments

pict : www.wikihow.com
1) Jika boneka cuma berdebu, kamu cukup mengelapnya dengan kain basah atau dengan selotif. Caranya tempelkan selotif pada bagian yang berdebu lalu lepas kembali selotifnya. Cara lain bisa menggunakan pipa penyedot debu.

2) Tidak semua boneka bisa dicuci dengan mesin cuci. Jika kamu ingin mencuci boneka yang sudah terlalu kotor dan berbau, pastikan kamu sudah melihat label dan instruksi bonekanya apakah boneka tersebut bisa dicuci dengan mesin cuci atau manual (dikucek dengan tangan). Jika boneka bisa dicuci dengan mesin cuci, maka kamu harus memperhatikan hal ini.
  • Pastikan boneka kesayangan kamu tidak sobek, jika sobek maka jahitlah terlebih dahulu.
  • Jika boneka bernoda, maka taruhlah deterjen pada bagian yang bernoda lalu biarkan beberapa saat sebelum di cuci.
  • Sebaiknya boneka di masukkan ke dalam sarung bantal terlebih dahulu sebelum dicuci bersamaan dengan pakaian lainnya dan pastikan mengatur kecepatan mesin cuci ke yang paling rendah (slow).
  • Hindari pengeringan di mesin pengering agar bahan dan seisi boneka tidak mudah rusak.

3) Cara mencuci boneka secara manual yaitu larutkan deterjen dalam air terlebih dahulu lalu masukkan boneka yang sudah dibasahi sebelumnya. Biarkanlah sekitar 15 menit, lalu kucek-kucek sampai bersih kemudian bilas dengan air.

4) Setelah dibilas dengan bersih, peraslah boneka dengan cara menekannya atau menginjaknya jika boneka kamu berukuran besar agar air tidak meresep pada boneka.

5) Jemurlah boneka kamu di tempat yang teduh atau keringkan dengan cara mengangin-anginkannya. Hindari pancaran sinar matahari secara langsung karena dapat memudarkan warna boneka kesayangan kamu.

6) Setelah boneka kering, sisirlah boneka secara perlahan dengan sisir rambut yang tidak rapat agar bulu boneka tidak mudah rusak dan rontok. Pastikan boneka kamu benar-benar kering, lalu semprotlah parfum kesukaan kamu agar boneka kesayangan tetar segar dan wangi.

7) Cara lain adalah menggunakan baking soda. Untuk boneka yang sudah tua dan berbulu lembut, cukup masukkan boneka dalam kantung (tas kertas) yang sudah diberi baking soda. Kocoklah secara menyeluruh pada boneka. Biarkan sekitar setengah jam lalu bersihkan boneka dengan cara menepuk-nepuknya kemudian lap dengan kain basah.




Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.