Kenali Jenis Sepatumu Dan Perawatannya

0 Comments
pict : www.hercampus.com

1. Kenali jenis sepatu favorit kamu

Awali dengan perkenalan dulu dengan sepatu kamu apalagi mendapat sepatu baru favorit kamu. Senang boleh saja, tetapi perlu diingat kenalilah sifat sepatu kamu apakah elastis atau tidak, apakah tahan dengan perubahan cuaca atau tidak. Begitu pula tingkat kelembabannya perlu diketahui agar tetap awet dan nyaman jika dipakai. 

2. Hindari penggunaan sepatu secara berturut-turut

Sepatu juga butuh waktu istirahat untuk mendapatkan sirkulasi udara sehari sebelum kamu memakainya kembali. Jika kamu terus menerus memakainya, maka jangan heran kalau bahan sepatu kamu akan semakin melar dan rapuh akibatnya cepat robek. Kesal bukan? 

3. Jangan biarkan sepatu lembab

Jika sepatu kesayangan kamu lembab baik karena hujan ataupun keringat, maka keringkanlah sebentar atau diangin-anginkan lalu bersihkan kotoran yang masih melekat. Jika kamu menyimpannya dalam kotak sepatu, gunakanlah silica gel untuk menyerap lembab agar terhindar dari jamur. Hindari pula penggunaan sepatu dengan kondisi kaki yang masih basah agar sepatu kesayangan kamu tidak berbau. 

4. Hindari  penumpukan sepatu

Apakah kamu sering melakukan hal ini? Jika iya, ubahlah kebiasaan kamu. Karena jika kamu menumpuk sepatu begitu saja ataupun menggunakan kotak dapat merusak bahan dan sol sepatu kesayangan kamu dan akhirnya dapat  menimbulkan aroma yang tidak sedap (bau). Lebih baik gunakanlah rak sepatu untuk menyimpannya dengan cara menata posisi sepatu kamu agar tetap awet. Caranya biasakanlah untuk memberi jarak antar sepatu yang lain guna menghindari gesekan pada permukaan kulit yang membuat sepatu kesayangan kamu lecet (tergores). 

5. Mencuci dan mengeringkan sepatu kesayangan

Jika sepatu kamu berbahan kulit, bersihkanlah dengan bahan yang lembut untuk mengelapnya. Untuk mengeringkannya cukup diangin-anginkan saja (menjemur di tempat teduh) jangan menjemur sepatu di bawah terik matahari karena dapat mempercepat kerusakan sepatu kamu.Jika sepatu kamu berbahan suede, cukup dibersihkan dengan cara menyikatnya dengan sikat sepatu yang halus untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Jangan sekali-kali mencucinya dengan air yang diberi deterjen karena dapat membuat sepatu kamu rapuh dan mudah pecah. Lalu jemurlah sepatu kamu di tempat yang teduh, jangan terkena sinar matahari langsung ya.Jika sepatu kamu berwarna putih, cara paling sederhana adalah merendam sepatu kamu dengan air yang sudah diberi deterjen lalu diamkan selama 15 menit, dengan begitu noda yang melekat mudah untuk dibersihkan. Cara lain adalah mengelap menggunakan odol putih sampai merata agar sepatu kamu tidak pecah-pecah dan tetap cantik seperti aslinya. Lalu diangin-anginkan saja agar tidak lembab. 

6. Menyemir sepatu

Biasakanlah untuk menyemir sepatu setidaknya 1-2 minggu sekali agar tampak lebih cemerlang seperti baru. Pilihlah semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu kamu agar tidak merusak sepatu dan biasakan saat menyemirnya dalam satu arah. Jika ada kotoran yang menempel dibawah sepatu, cukup menyikatnya dengan air jangan sampai mengenai kulit sepatu kamu. 

7. Pentinganya kesabaran dan keuletan

Hal ini penting banget buat kamu yang sering membiasakan diri malas mengisi waktu luang untuk membersihkan sepatu sendiri. Kamu doyan memakainya namun enggan untuk membersihkan (merawatnya). Sangat disayangkan sekali jika sepatu kesayangan kamu terus menerus dipakai hingga terlihat kusam dan apek tak seperti aslinya. Orang yang melihatnya pasti akan menghindar. Apakah kamu nyaman dengan itu? Maka perlu adanya kepekaan untuk merawat fashion kamu sendiri. Biasakanlah meluangkan waktu untuk membersihkan sepatu kamu dengan sabar dan ulet jika sudah merasa tidak nyaman.



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.