Cara Mudah Membuat Ginjal Tetap Sehat Dengan 4 Kebiasaan!

0 Comments
pict : www.blog.itriagehealth.com
Kesehatan sering kita dengar dengan sebuah perumpaan "harta yang tak ternilai harganya". Artinya, segala yang kamu miliki dan apa yang ada dalam dirimu termasuk kesehatanmu tak akan ada artinya jika kamu sudah sakit keras. Mau seberapapun harga yang kamu tawarkan demi kesembuhan, tak semudah membalik telapak tangan. Itu sebabnya, kesehatan itu penting dipupuk sejak dini bagi tiap orang untuk seumur hidup.
Tak ada kata terlambat jika itu menjamin kesehatan tubuh kamu kelak. Karna kalau kamu sudah sakit, maka segala hal yang ingin kamu kerjakan akan terhambat. Selain itu, uang kamu juga ikut terkuras untuk membeli obat. Dengan begitu, banyak kerugian yang akan kamu hadapi jika kamu sudah jatuh sakit. Maka,
Ingatlah, luangkan waktumu untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama organ ginjal.
Ginjal memiliki peran penting dalam tubuh. Ginjal disebut sebagai ‘mesin’ tubuh yang fungsinya adalah mengatur tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah, hingga mempertahankan kalsium dalam tulang. Tugas ginjal ini akan terus bekerja seumur hidupmu tanpa batas. Untuk menjaga agar ginjal kamu tetap sehat adalah dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut :
1. Berolahraga secara rutin
Berolahraga dapat berfungsi menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh kita. Selain itu, dengan olahraga juga dapat membantu kesehatan fungsi organ dalam yang sangat berperan penting, yaitu paru-paru, jantung sampai ginjal. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan olahraga  pembentukan urin kita menjadi lebih lancar dan berdampak bagi kesehatan tubuh.
2. Perbanyak minum air putih
Sekitar 70% tubuh kita banyak membutuhkan kandungan air. Oleh karena itu, untuk menjaga kekebalan tubuh kita harus memberi asupan air putih sebanyak 8 gelas/hari demi keseimbangan tubuh. Jika banyak minum air putih, maka otomatis kinerja ginjal akan lebih baik (tidak berat) karena pembuangan urin yang lancar.
3. Hindari berat badan berlebih
Faktor buruk yang dapat mempengaruhi kinerja ginjal adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas biasanya menimbulkan penimbunan lemak di bagian perut yang akhirnya membuat ginjal tertekan dan terasa sesak. Keadaan seperti itu, kinerja ginjal akan menjadi lebih sulit apalagi dalam memproses urin. Maka, tak heran penyakit ginjal banyak ditemui bagi orang penderita obesitas.
4. Jaga tekanan darah
Pasti kamu juga akan heran, kenapa tekanan darah bisa mempengaruhi kesehatan ginjal. Iya kan? Yaa, karena dengan tingginya tekanan darah, maka kamu berpotensi memiliki penyakit ginjal. Pasti kamu tak mau seperti itu kan? Untuk menghindarinya, ada beberapa cara ampuh menjaga tekanan darah tinggi yaitu :
  • Menjaga pikiran agar tidak mudah stres,
  • Jangan mudah emosi,
  • Menjaga pola tidur yang teratur.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.