5 Cara Hindari Helm Bau Apeek!

1 Comments
pict : www.motorcyclehelmetguide.net
Helm merupakan alat pelindung kepala saat kita sedang mengendarai sepeda motor. Helm juga memiliki banyak variasi, bahkan kita juga bela-belain beli helm yang bagus dan super waoow jika digunakan dengan pilihan warna yang kita suka.

Meski begitu, banyak dari kita cuma sekedar tuk pamer dan menggunakannya saja tanpa memikirkan kebersihan helm milik kita sendiri. Bahkan ada dari kita sampai bertahun-tahun memakainya dan ga pernah dicuci. Waaoo, ngeri yak? Pasti tuh helm apeek banget dan warnanya jadi pekat. Tau deh gimana lagi tuh aroma...

Makanya bagi kamu si pemilik helm, cobalah tuk peka merawat barang kita sendiri apalagi itu barang yang sering kita gunakan lhoo... Kalo kamu terus-terusan seperti ini, bisa-bisa berdampak pada kepala dan rambut kamu lho... Bisa menimbulkan ketombe dan kutu pada kepalamu. Iiihh, lue mau kayak gitu?

Untuk menghindari itu, kamu cukup melakukan hal sederhana kok ga butuh banyak waktu tuk lakuinnya. Kamu hanya butuh tips ini agar helm kamu tetap nyaman dan enak dilihat kembali serta tetap awet setiap memakainya.

1) Rajinlah membersihkan helm kamu

Rajinlah merawat helm kesayangan kamu dengan menjaga kebersihannya. Pastikan kamu membersihkan debu yang melekat pada bagian kaca dan luar helm sebelum dan sesudah pemakaian. Pastikan juga saat akan menggunakan helm, kondisi rambut kamu harus keadaan kering, jika basah dapat membuat helm kamu jadi bau karena lembab. Cara membersihkannya cukup dengan mengelap helm menggunakan kain halus yang sedikit basah atau menggunakan bahan khusus pembersih helm.

2) Helm harus tetap dengan kondisi kering

Biasakanlah menjemur helm setelah perjalanan jauh ataupun basah akibat terkena hujan. Letakkan helm kamu dalam posisi terbalik dan semua ventilasi helm dalam keadaan terbuka agar mudah menguap. Jangan biasakan menjemurnya langsung dibawah sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja agar tidak lembab atau kamu bisa menggunakan hair driyer.



3) Perhatikan posisi penyimpanan helm yang benar

Menyimpan helm sembarangan dapat mengurangi keawetan helm kamu. Yang perlu diperhatikan adalah hindari penyimpanan helm di tempat yang lembab karena dapat membuat helm kamu berjamur. Hindari pula penyimpanan di tempat yang terlalu kering akibat sinar matahari yang membuat cat helm kamu cepat rusak dan pudar. Agar keawetan helm tetap terjaga, simpanlah helm kamu ditempat yang teduh dengan posisi kaca helm selalu terbuka saat tidak digunakan agar terhindar dari bau tak sedap.

4) Tambahkan wewangian (jika perlu)

Jika kamu ingin nyaman dengan helm kamu sendiri berilah pewangi khusus helm yang mengandung kadar alkohol yang rendah lalu semprotkan pada bagian helm. Hal ini guna mencegah tumbuhnya jamur pada helm dan kamu juga tetap merasa nyaman dengan helm wangi dan segar saat menggunakannya.



5) Rutinlah mencuci helm

Biasakanlah untuk rutin mencuci helm secara berkala 2 minggu sekali ataupun saat helm sudah tidak nyaman lagi untuk dipakai, biasanya dapat membuat kulit kepala terasa gatal-gatal dan mengeluarkan bau tak sedap pada helm. Untuk mencucinya kamu bisa melakukannya sendiri secara manual atau kamu bisa menggunakan jasa pencucian helm. Agar helm tampak mengkilap, kamu cukup mengelapnya dengan kain lap atau menggunakan busa halus agar debu tidak mudah menempel.

"Selamat Mencoba "...






Artikel Terkait

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.