Kenali Tahap Dasar Penggunaan Softlens Mata Demi Kesehatan Mata Kamu

0 Comments

pict : www.agenbettingcasino-asiabolabet.blogspot.com
Softlens atau lensa mata awalnya digunakan untuk membantu penglihatan bagi penderita mata minus atau plus. Namun, sekarang fungsi softlens mata bagi para pengguna sudah bergeser menjadi suatu kebutuhan fashion dalam mempercantik penampilan. Tak heran banyak orang beralih dari kacamata menjadi pengguna softlens. 

Banyaknya variasi softlens yang ditawarkan dipasaran dengan warna-warna softlens yang bagus dan menggiurkan dapat membuat mata normal sekalipun ingin menggunakannya demi memperindah mata. Dengan melihat gambar softlens saja pasti kamu juga pengen memilikinya. Harga softlens termurah hingga termahal sekalipun sudah bisa kamu temukan di toko-toko jual softlens. 

Oleh sebab itu, pengguna softlens harus merawat kebersihan softlensnya dengan baik dan benar, jika hanya asal-asalan dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata seperti iritasi mata, mata merah bahkan bisa menyebabkan infeksi. Berikut akan dijelaskan dasar  cara perawatan softlens mata yang benar.


1) Pastikan selalu mencuci dan sterilkan tangan

Hal ini penting dilakukan sebelum kamu memasang atau melepaskan softlens karena debu dan kotoran yang melekat pada tangan dapat membuat mata kamu iritasi. Pastikan tangan kamu benar-benar kering.

2) Membersihkan softlens

Ingat, tangan kamu harus bersih dan kering dulu, lalu kmau bisa membersihkan softlens mata kamu. Caranya, letakkan softlens ke telapak tangan lalu tetesin cairan khusus pembersih softlens (Multi Purpose Solution). Kemudian gosok atau tepuk-tepuk perlahan dengan tangan hingga yakin sudah bersih lalu bilas lagi dengan cairan tersebut. Hindari membersihkan softlens dengan air keran karena air sudah terkontiminasi oleh zat kimia yang membuat mata kamu iritasi.

3) Hindari kuku panjang dan tajam 

Saat membersihkan softlens akan sering ada kontak antara ujung jari dan softlens. Jika kuku kamu panjang dan tajam bisa membuat softlens kamu sobek dan mengganggu mata. Selagi kamu masih pengguna softlens, usahakan kuku kamu pendek dan tidak tajam.

4) Cek kadaluarsa cairan

Jika kamu membersihkan softlens dengan cairan yang tidak layak pakai akan berdampak buruk pada softlens mata kamu dan membuat mata iritasi.

5) Rendamlah softlens jika tidak dipakai

Hal ini perlu untuk menjaga kualitas softlens kamu. Saat penyimpanan, rendamlah softlens dengan cairan khusus agar tetap lembab karena jika softlens kekurangan cairan saat perendaman dapat membuat softlens kering dan kaku hingga rusak.

6) Bersihkan kotak softlens

Biasakanlah membersihkan kotak softlens dengan merendamnya di air panas agar tetap steril dan bersih sehingga saat menyimpannya lebih aman dari kotoran.

7) Usahakan jangan memakai softlens sepanjang hari

Menggunakan softlens sepanjang hari dapat membuat mata jadi lelah. Dianjurkan pemakaian softlens maksimal 12 jam sehari. Jangan menggunakan softlens saat menjelang tidur ataupun saat mandi.

8) Perhatikan umur pakai softlens

Tiap softlens biasanya memiliki umur pakai yang berbeda. Sebelum kamu membeli softlens, tanyakan pada pemilik toko untuk masa pemakaiannya.

Jangan lupa artikel menarik juga dapat kamu temukan disini atasi rambut rontok, gigi behelkawat gigirambut keringkuku nan indahmenghemat baterai HPbuku cantikrawat headset HPtanaman hiastemukan karaktermuperawatan alamiflashdisk yang amanmenjaga file pentingmerawat kamera SLR.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.