Langkah Awal Dalam Merawat Akuarium Pribadi

0 Comments
pict : www.opulentitems.com
Berikut langkah-langkah ini dapat membantumu dalam merawat akuariummu.

1) Pastikan kamu sudah punya filter dan memasangnya dengan benar di aquarium kamu. Pilihlah filter yang baik dan dilengkapi dengan gelembung udara. Jika tidak, ikan-ikan kamu akan mati atau tidak akan tahan tanpa gelembung udara.

2) Berilah makan ikan-ikan kamu 2 kali sehari dan secukupnya. Usahakan memecah makanan ikan menjadi kecil khususnya bagi ikan yang tidak memiliki mulut besar. Jangan memberi makan ikan berlebihan karena ikan kamu akan kesulitan untuk bernafas dan menerima sedikit oksigen.

3) Kuraslah air dalam aquarium secara berkala, misalnya seminggu sekali atau 2 minggu sekali. Caranya, kamu cukup mengurangi air aquarium setengahnya dan menggantinya dengan air yang baru agar aquarium kamu tidak kotor dan ikan-ikan kamu tetap merasa nyaman.

4) Bersihkan dan cucilah gabus perangkat filter dengan air bersih serta benda-benda hiasan yang ada di dalam aquarium. Hindari penggunaan deterjen saat mencucinya karena deterjen dapat membuat ikan-ikan kamu keracunan. Lakukanlah hal ini secara bersamaan dengan pengurasan aquarium.

5) Tanyakan kepada penjual ikan mana saja cocok dan tidak mengganggu atau menyerang ikan lainnya. Usahakan pilihlah ikan yang bisa menyatu dengan ikan lainnya.

6) Periksalah kesehatan penghuni aquarium kamu sesering mungkin. Apabila ada tanda-tanda ikan yang tampak sakit, pindahkan dan rawatlah ke dalam aquarium karantina agar tidak berdampak buruk bagi ikan lainnya.

Baca juga artikel lain yang menarik mengenai aturan bagi pengguna gigi behel, merawat jersey bola favorit, cara menghemat baterai handphone, merawat kamera digital SLR.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.