Yuuk! Kenali 9 Dasar Awal Merawat Anjing Kesayanganmu

0 Comments

pict : www.metro.co.uk

Bagi sebagian orang, anjing merupakan teman sejati. Dikala sedih suka kamu selalu menghabiskan waktu bersama anjing yang selalu setia dan menjagamu. Sebelum kamu kesulitan menangani tingkah laku anjing, alangkah baiknya kenali dulu dasar-dasar bagaimana sih merawat anjing agar kamu bisa menikmati hari-harimu bersama anjing kesayangan. Apalagi hal ini perlu bagi kamu sebagai pemula dalam memiliki anjing.


1) Melatih anakan anjing dengan cara bermain

Bermain adalah prioritas terpenting bagi anjing untuk masa pertumbuhannya. Sebab, anjing tidak lahir dalam keadaan terlatih. Apa yang boleh dia lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, kamu harus mengajarkan sejak hari itu.

Bermain sambil melatihnya adalah cara agar anjing tidak merasa bosan dan dapat menjalin hubungan pertemanan yang baik dengan kamu. Melalui latihan ini, kamu dapat memahami bagaimana perilaku anjing kamu dengan menciptakan aturan-aturan yang ada. Semakin sering kamu dan anak anjing bermain bersama, maka ia akan mengangap kamu hal yang terpenting baginya dan ingin menyenangkan kamu.

2) Anakan anjing perlu nutrisi yang seimbang

Makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang adalah hal yang wajib baginya untuk pertumbuhan yang sempurna. Anakan anjing memerlukan asupan protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang benar. Anakan anjing sebaiknya diberikan makanan dalam bentuk konsentrat supaya ia dapat menerima semua gizi yang diperlukan tanpa memberatkan sistem pencernaannya. Selalu sediakan air minum yang bersih untuk keseimbangan tubuh anjing.

3) Biasakan anakan anjing digrooming

Mulailah meng-grooming anak anjing kamu sejak dini agar ia terbiasa dengan hal ini. Anjing yang terbiasa dan tenang ketika digrooming akan memudahkan pekerjaan kamu.

4) Olahraga secara teratur

Bagian dari aktifitas normal anakan anjing adalah olahraga yang teratur. Kebutuhan anjing akan olahraga ini tidak hanya tergantung dari ukuran tubuh anjing saja tetapi juga dari jenis trahnya. Jangan memberikan olahraga yang terlalu berat untuk anakan anjing karena tulang-tulang mereka belum tumbuh dengan sempurna. Gabungkan antara permainan dengan olahraga atau berolahraga bersama di pagi/sore hari.

5) Cek kesehatan pada dokter hewan secara teratur

Idealnya, kamu sudah memiliki calon dokter hewan yang akan menjadi langganan kamu. Begitu kmau memiliki anakan anjing, bawa dia ke dokter hewan keesokan harinya untuk mengecek kesehatannya secara menyeluruh. Minta dokter hewan untuk membuatkan jadwal vaksin untuknya. Buat suasana yang menyenangkan ketika kmau mengajak anakan anjing ke dokter hewan agar ia tidak merasa takut untuk bertemu dokter hewannya.

6) Lakukan perawatan kesehatan anjing di rumah

Jadwalkan secara berkala pemeriksaan kesehatan anjing kamu dirumah. Tubuh yang tidak terawat dapat menyebabkan berbagai penyakit dikemudian hari. Maka mulailah biasakan memeriksa berat badannya dan membersihkan bagian wajah anjing mulai dari bagian mata, telinga, hidung dan mulut. Biasakan untuk membersihkan gigi anakan anjing kamu dari awal. Jika tidak dirawat maka pada umur 2 tahun akan banyak ditemui adanya plak dan tartar yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan anjing kamu. 

Selain itu, memotong kuku anakan anjing yang sudah panjang juga perlu dilakukan untuk menghindari anak anjing melukai induknya pada saat menyusui. Hal terpenting adalah membersihkan kulit dan bulu anjing dan memandikannya. Perawatan yang teratur dapat membuat anjing kamu akan tetap indah, bersih dan sehat. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan sebaiknya hubungi dokter hewan kamu.

7) Memperkenalkan anakan anjing pada anjing lainnya

Jika dirumah kamu sudah memiliki anjing yang lain sebaiknya dilakukan perkenalan diantara mereka. Anjing yang sudah tinggal lebih lama akan merasa dirinya adalah penguasa dirumah tersebut. Sedangkan anakan anjing biasanya akan menyepelekan hal ini sehingga dapat membahayakan jiwanya. Sebaiknya kamu melakukan pengawasan selama beberapa hari agar ia dapat beradaptasi. Begitu anakan anjing sudah tahu, dia tidak akan berkelakuan seenaknya dihadapan anjing seniornya.

8) Berikan pujian untuk hal baik yang ia lakukan

Jadikan anakan anjing ini sebagai anggota dari keluarga kamu. Jika ia berbuat hal-hal yang benar dan menyenangkan anda, beri dia pujian. Jika ia melakukan kesalahan, langsung berikan teguran pada saat itu juga agar ia dapat membedakan mana yang dapat membuat kamu senang dan mana yang dapat membuat kamu marah. Pada dasarnya anjing ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi majikannya. Cara ini akan membuat anjing kamu belajar berperilaku baik dan patuh pada kamu sebagai sahabatnya.

9) Bersabar dan menikmati

Membesarkan anakan anjing memerlukan kesabaran yang tinggi. Cari tahu berbagai tips atau artikel tentang hal ini, jika perlu kamu dapat berkonsultasi dengan dokter hewan kamu. Adakalanya, anakan anjing berbuat sesuatu sehingga membuat kita jengkel tetapi disaat-saat tertentu ada perasaan puas dan haru melihatnya tumbuh dengan baik dan ceria yang dapat membuat kmau senang.






Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.