Sering Stres? Cukup 3 Cara Menjaga File Skripsi Agar Tetap Aman

1 Comments

pict : www.huffingtonpost.com
Skripsi saat ini memang menjadi momok tersendiri bagi kalangan para mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa abadi. Skripsi sebenarnya adalah tugas akhir yang tidak terlalu berat jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Namun terkadang rasa malas sering muncul ketika sudah berhadapan dengan tulisan-tulisan ilmiah didepan komputer atau laptop. Rasa malas akan diikuti dengan perasaan marah dan jengkel ketika skripsi yang susah-susah kita kerjakan justru entah hilang kemana, ada yang tidak sengaja terhapus, ada yang kena virus, dan alasan lainnya.

Lalu bagaimana cara menjaga dokumen skripsi yang benar? Yuuuk, simak pembahasan ini :



1) Beri Nama yang Mudah

Dalam jaman sekarang ini, mayoritas mahasiswa atau siswa selalu menyimpan dokumen mereka didalam file laptop/komputer. Karena dengan laptop dan komputer akan memudahkan para mahasiswa dan siswa untuk mengakses dokumen mereka. Namun cara yang terbaik adalah dengan memberikan nama dokumenna dengan kata yang mudah diingat. Contoh : "Skripsiku" atau "Skripsi Gue". Dengan begitu kalau ada teman kamu yang ingin meminjam laptop, dan ketika teman kamu melihat dokumen itu maka temanmu pasti tidak akan berani mempermainkan dokumen temannya sendiri.

2) Taruh di Folder Khusus

Sama halnya dengan penjelasan diatas, dokumen akan mudah ditemukan jika kita menaruh pada lokasi/tempat penyimpanan data yang mudah diingat. Kalau bisa dibuat secara khusus untuk penyimpanan data skripsi anda, atau dengan nama folder yang unik. Seperti "Skripsi-JANGAN DIHAPUS". Dengan begitu dokumen anda akan aman.

3) Selalu Membuat Back-Up Cadangan

Kita sering mendengar cerita-cerita film action mengenai strategi-strategi yang dibuat oleh para aktor untuk menjalankan aksi tertentu. Tentu saja strategi itu dibuat untuk hasil yang ingin didapatkan. Kenyataannya aktor-aktor itu tidak hanya memiliki satu strategi saja, pasti mereka punya rencana cadangan seperti Plan A, Plan B, Plan C dst. Begitu juga dengan skripsi, usahakan buatlah backup/cadangan skripsi anda ditempat yang berbeda. Misalnya saja, satu dokumen diletakkan dilaptop. Kemudian dokumen kedua diletakkan diflashdisk/hardisk. Kalau perlu buat backup data dokumen di laptop/komputer teman terdekat anda. 

Dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir lagi bakal kehilangan dokumen pentingmu. Tapi satu syaratnya adalah selalu update dokumenmu disemua tempat cadangan tadi ya. Okeeii ^^
Ingat, jangan sampe bertindak aneh hanya karena kehilangan file penting ya, apalagi bunuh diri -> JANGAN sampe. 

Artikel menarik juga dapat kamu temukan disini atasi rambut rontok, gigi behelkawat gigirambut keringkuku nan indahmenghemat baterai HPbuku cantikrawat headset HPtanaman hiastemukan karaktermuperawatan alamiflashdisk yang amanmenjaga file pentingmerawat kamera SLRkarakter diri pada dapurkeawetan jerseycantik alamimerawat kucing imut.


Artikel Terkait

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.