Tips Agar Isi Flash Disk Kamu Tetap Aman

1 Comments
pict : www.es.aliexpress.com
Tau flash disk kan guys? Bentuknya itu kecil dan ringan tapi kapasitas penyimpanan jangan ditanya pasti besar. Kini flash disk sudah banyak variasi dan ukurannya yang membuat  banyak orang ingin memilikinya apalagi jika flash disk itu bentuknya imut. Tapi sayang,  masih banyak lho diantara kita yang kurang memahami kalau flash disk itu sangat rentan banget rusak. Maka, berikut ini tips agar flash disk kamu tetap aman dan awet.

1) Biasakan Eject

Hal ini sering banget terlupakan apalagi saat kamu sedang terburu-buru ataupun malas, tiba-tiba langsung saja mencabut flash disc dari port USB.  Padahal membiasakan eject itu penting lho agar tidak merusak sistem flash disc punya kamu. Jika kamu membiasakannya mencabut begitu saja, jangan heran kalau data penting yang tersimpan di flash disc kamu bisa hilang (tidak terbaca). 

2) Jauhkan Dari Elektronik Lainnya

Hindarilah flash disk kamu dari barang elektronik lainnya seperti TV ataupun Handphone karena dapat mempengaruhi kualitas flash disk kamu. Tahu sendiri kan sifat barang elektronik itu memiliki medan magnet kuat. Jadi simpanlah di tempat yang aman.

3) Tutup Selalu

Jika flash disk kamu memiliki tutupan jangan lupa selalu ditutup saat tidak dipakai lagi. Sebab flash disk sangat rentan terhadap debu dan kotoran. Jika kamu tidak menutupnya maka socket flash disk akan kotor dan mengakibatkan proses 'baca tulis' gagal. Apabila flash disk kamu tidak ada penutupnya, usahakan simpanlah di tempat yang aman atau bisa menggantungkannya dengan gantungan aksesori.

4) Virus Scan

Setiap kamu ingin memindahkan/mengambil data dari komputer ataupun internet, usahakanlah melakukan scan virus terlebih dahulu secara berkala dengan software virus yang mendukung. Jika kamu tidak melakukannya, berhati-hatilah karena virus akan berpindah ke flash disk kamu hingga akhirnya rusak dan tidak bisa di pakai lagi. 

5) Jangan kena Air

Hal ini perlu dihindari ya. Sama halnya dengan barang elektronik lainnya karena sangat rentan terhadap air begitu juga dengan flash disk kamu. Simpanlah di tempat aman kalau perlu pakai bahan anti air.

6) Jauhkan Dari Tempat Panas

Hindarilah flash disk kamu dari tempat yang panas seperti mobil terutama sinar matahari langsung. Itu dapat merusak flash disk kamu dan tidak bisa digunakan lagi.

7) Hindari Benturan Keras

Meskipun bentuk flash disk tergolong kecil, tapi yang namanya elektronik apapun jika jatuh ke lantai tetap saja rusak. Maka jangan sampai flash disk kamu terkena benturan keras ataupun tertindih benda berat.

8) Kurangi Mengedit Langsung

Hindarilah proses pengeditan langsung dari flash disk kamu karena dapat mempengaruhi kualitas flash disk. Sebab flash disk memiliki batasan usia dari masing-masing merek. Maka untuk menguranginya, usahakan untuk tidak mengedit tulisan langsung dari flash disk kamu. 





Artikel Terkait

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.