Tips Membuat Buku Jadi Rapi Dan Terawat

0 Comments
pict : www.pinterest.com
Buku adalah jendela dunia. Saat kita akan membuka jendela, kita bisa melihat luasnya pemandangan diluar sana, begitu juga dengan buku. Zaman sekarang kita sudah dimudahkan dengan toko buku online di internet. Dwonload buku gratis ataupun dengan cara beli buku online juga sudah marak. Namun, kita penggemar membaca buku bisa dipastikan kita akan banyak membelinya di toko buku demi mendapatkan banyak ilmu. Nah, bagaimana caranya kita menghargai buku? Salah satunya adalah dengan cara merawat buku-buku kita. Berikut adalah cara merawat buku agar awet dan tahan lama :

1) Menyampul Buku

Salah satu cara agar buku kita menjadi awet adalah dengan menyampulnya. Dengan cara menyampul kita sudah bisa melindungi cover buku dari kerusakan bahkan terlipat karena sering dibuka. Pastikan menyampul dengan benar karena daerah paling rentan adalah bagian pojok cover, biasanya tidak sengaja saat menyampul pojok cover menjadi terlipat.

2) Buku Disusun Berdiri

Seperti yang kita tahu, perpustakaan selalu menyimpan buku dengan cara berdiri dan bertumpuk menyamping, tidak keatas. Adanya almari buku adalah salah satu cara agar buku awet dan tahan lama. Karena jika ditumpuk berdiri kita akan kesulitan untuk mengambil buku yang paling bawah. Berbeda dengan menumpuk kesaping. Itu sebabnya perlu adanya lemari rak buku agar keliatan rapi. Sekarang rak buku modern juga sudah banyak digunakan addesain rak buku gantung dan minimalis.

3) Buku Jangan dilipat

Kebiasaan orang melipat halaman untuk menandai batas membaca sudah sering kita tahu. Namun, kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan karena bisa merusak buku. Gunakan saja semacam pembatas buku dari karton atau tali yang sudah tersedia didalam buku.

4) Rajin Dibersihkan

Untuk buku yang sudah jarang dibaca pasti banyak debunya, oleh karena itu merawat buku dengan cara dibersihkan wajib dilakukan. Caranya adalah hanya dengan lap kering untuk buku yang tidak bersampul, atau lap basah untuk buku yang bersampul plastik.

5) Diberi Kapur Barus

Kapur barus berfungsi untuk mengusir rayap yang bisa memakan buku-buku kita. Karena bahan baku kertas adalah dari kayu. Oleh karena itu rayap masih suka dengan memakan buku. Gunakan kapur barus secukupnya dirak buku anda secara merata.

6) Diberi Cahaya Cukup

Cara membuat buku agar tidak lembab dapat diberi cahaya untuk mencegah ngengat masuk disela-sela buku. Adanya cahaya itu, ngengat tidak akan bisa masuk karena hawa panas lampu.

Jangan lupa artikel menarik juga dapat kamu temukan disini atasi rambut rontok, gigi behelkawat gigirambut keringkuku nan indahmenghemat baterai HPbuku cantikrawat headset HPtanaman hiastemukan karaktermuperawatan alamiflashdisk yang aman, menjaga file penting, merawat kamera SLR.




Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.